Mudahnya Menggapai Impian dengan Menciptakan Resolusi | Pangeran Muda - TIPS



Apa resolusi kamu ditahun baru nanti?
       Pertanyaan ini kerap dilontarkan orang-orang saat mendekati tahun baru. Namun di balik itu banyak juga orang orang yang belum membuatnya atau malah bingung dengan cara membuat resolusi.
"Apa sih pentingnya Resolusi?" "Aku gak bikin resolusi juga hidup ku mulus mulus aja" "Gimana sih cara buat Resolusi?"
Banyak orang yang berpendapat berbeda-beda, ada yang ingin buat tapi bingung dan ada juga yang malah gak perduli dengan resolusi.

       Pangeran Muda akan berbagi tips tentang bagaimana caranya membuat Resolusi versi Pangeran Muda. Resolusi itu ibarat target yang akan dicapai setiap orang, perusahaan, instansi ataupun komunitas. Namun kali ini kita bahas tentang bagaimana membuat Resolusi untuk masing-masing orang.
Membuat target tidak harus diawal tahun saja, kita bisa membuatnya kapan pun kita mau, tapi target di awal tahun biasa disebut Resolusi. Sebelum kita lanjut untuk cara membuat resolusi silahkan baca dulu tentang Resolusi Kaleng-kaleng disini akan kita kupas gimana caranya untuk berpikir kristis dan membuat resolusi agar mudah dicapai.

Mari kita mulai dari pertanyaan pertama.


Apa sih pentingnya Resolusi?
       Resolusi sangat penting karena ini akan menjadi tolak ukur kita untuk kehidupan yang lebih baik. Coba bayangin gimana jadinya kalau kita tidak punya resolusi, pasti kita gak tau sampai dimana pencapaian kita, dan kita juga gak tau apa yang harus kita kejar yang ada malah hidup kita gitu-gitu aja karena tidak punya target dan tolak ukur yang pas. Kalau bukan kita yang buat target untuk diri sendiri siapa lagi?

Kita lanjut pertanyaan kedua


Aku gak bikin resolusi juga hidup ku mulus-mulus aja!
       Yups! ini benar sekali. Memang benar hidup akan terus mulus jika tidak ada Resolusi. Tapi sadarkah kamu? Sebuah impian dan target akan membuat hidup kita lebih berwarna, coba bayangin saat kamu berhasil mencapai target dan kamu mendapatkan reward yang besar. Ahh sudah lah semua orang pasti merasakan hal yang sama. Tapi gak cuma sampai disitu, bayangi juga ketika kamu mencapai target itu dan orang-orang terdekat mu memberikan apresiasi terhadap pencapaian yang telah kamu dapat. Bahagia banget bukan?

Okey sekarang masuk pertanyaan ketiga


Gimana sih Caranya Membuat Resolusi?
       Pangeran Muda kasih beberapa tips untuk membuat Resolusi

  1.  Tulis sebanyak-banyaknya resolusi yang ingin kamu capai. Setelah kamu tulis semuanya coba pilih lagi mana yang benar-benar ingin dicapai untuk tahun ini. Jika sudah, coba pilih 3 saja resolusi yang paling dekat dengan kamu dan yang paling benar-benar ingin kamu capai berdasarkan reward ataupun impian yang akan kamu dapat.
  2. Lihat lagi Resolusi yang sudah kamu pilih, lalu tuliskan cara apa saja yang akan kamu lakukan untuk mencapai Resolusi itu.
  3. Buat daftar dan target kapan tercapainya resolusi itu. Dengan begini kamu akan lebih mudah memantau sampai dimana perkembangan resolusi yang sudah kamu buat. Jika waktunya hampir habis namun masih jauh untuk mencapai target, coba cari cara lain agar target itu tetap tercapai. Upayakan jangan merubah target yang sudah ditetapkan tapi ubahlah cara untuk mencapai target itu.
  4. Ikrarkan Resolusi yang sudah kamu buat keorang-orang tersayang, seperti : Orang tua, Pasangan dan Sahabat kamu. Dan juga jangan lupa, Ikrarkan Resolusi ini kepada Partner kerja yang akan membantu kamu. Karena bisa jadi orang-orang ini yang akan jadi penyemangat untuk bisa meraih resolusi itu.
  5. Bayangkan apa yang akan kamu dapatkan jika resolusi ini tercapai, Reward apa yang akan kamu dapatkan. Dan juga bayangkan apa jadinya jika resolusi ini tidak tercapai. Kalau perlu beri hukuman terhadap diri sendri jika resolusi tidak tercapai. Eittss,, hukumannya yang membangun yaa, jangan yang merusak diri.


       Nah setelah berhasil membuat resolusi yang terpenting adalah Action, karena Resolusi tanpa action hanya akan menjadi Resolusi Kaleng-kaleng. Buktikan ke orang-orang terdekat mu bahwasannya resolusi yang sudah kamu buat bukan kaleng-kaleng. Contoh kecil pangeran muda akan berbagi resolusi ditahun 2019.

1. Lulus Kuliah Tepat Waktu pada Bulan Juni 2019
    Caranya :
  1. Selesai Laporan PKL Sebelum Akhir Januari
  2. Berhasil Acc Judul Skripsi Sebelum Akhir bulan Februari
  3. Selesai Membaca 100 Jurnal sesuai dengan Judul Skripsi pada akhir Bulan Maret
  4. Menyelesaikan BAB 3 pada akhir bulan April
  5. Selesai Skripsi pada awal Bulan Juni
Reward yang akan didapatkan jika resolusi ini tercapai.
  1. Menjadi Sarjana Komputer
  2. Membuat orang tua bangga karena bisa wisuda
  3. Gak pusing lagi mikirin tugas kuliah dan skripsi yang banyak revisi
  4. Punya waktu luang lebih banyak untuk bersantai dan mengembangkan diri
  5. Bisa jalan-jalan kemanapun bahkan keluar negeri tanpa mikirkan waktu kuliah
Kerugian yang akan didapat jika tidak bisa mencapai resolusi
  1. Orang tua harus menunggu lama untuk aku wisuda
  2. Uang kuliah bertambah banyak lagi
  3. Uang wisuda semakin mahal
  4. DO dari kuliah
  5. Belum bisa pergi terlalu jauh
  6. Belum bisa jalan-jalan keluar negeri

Resolusi ke-2
2. Menjadikan Blog Pangeran Muda bermanfaat bagi banyak orang dan digemari pembacanya.
    Caranya :
  1. Menulis konten-konten positif dan bermanfaat bagi banyak orang
  2. Mengisi konten Blog minimal satu minggu sekali
  3. Membaca buku apa saja minimal 2 minggu = 1 buku
  4. Mengikuti seminar dan pelatihan untuk menambah wawasan dan pengetahuan
  5. Turut aktif dalam pengembangan Komunitas Blogger Sumut
       Ini bisa menjadi contoh untuk kamu membuat resolusi, atau jika kamu punya cara yang lebih baik lakukanlah karena lagi lagi yang terpenting adalah Action. Upss,, satu pesan lagi dari Pangeran Muda, jika kamu sudah berhasil menggapai resolusi kamu, jangan cuma sampai disitu coba buat lagi target-target kamu berikutnya.

       Hidup dengan target akan lebih baik dari pada hidup yang mulus dan datar.
Yuk tulis resolusi kamu dikomentar siapa tau resolusi kamu jadi inspirasi bagi yang lain dan kita bisa saling mendoakan agar resolusi yang sudah dibuat bisa tercapai. Aamiin....



You Might Also Like

34 comments

  1. Good πŸ‘
    Work your drams high as the sky

    ReplyDelete
  2. Tambah lagu Punishmentnya. Nikah jadi lama jika tidak selesai kuliah wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini punishment yang rahasia, ehh malah udah di komen :v

      Delete
  3. Good Resolution, Hope ur dreams comes true πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    ReplyDelete
  4. Resolusi adalah salah satu kata yang aku suka pas dulu masih belom membelah diri.

    Kalo sekarang,ku akrabnya sama Risol isiπŸ˜‚πŸ˜

    ReplyDelete
  5. Resolusi kadang tinggal resolusi πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
    Tahun depan buat lagi, wkwkwk

    Mudah2an si gara ini berhasil dengan wish list dianya.
    Awak yang emak2, tiap hari berkeinginan jadi emak lemah lembut.
    Tapi syelalu belum berakhir dengan baik πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dia kak, karena itu kita butuh cara, reward dan juga phunisment.

      Biasanya yang gak tercapai itu resolusi kaleng-kaleng. Nanti saya tulis ya tentang resolusi kaleng-kaleng.

      Makasih kakak. Alhamdulillah ada yang doakan. Semoga apa yang kakak inginkan juga tercapai yaa

      Delete
    2. 🀣🀣🀣🀣🀣

      Delete
    3. pengen tau, kenapa resolusi gak bisa tercapai, karena saya suka begitu....hehehe

      Delete
  6. Payah kali bikin spy tanduk ni gak keluarkan..
    Resolusi awak tiap taon sama, pengen langsingan..

    Blm prnh sukses selama anak makannya msh nyisa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba caranya diperbaiki lagi kak atau caranya di rubah supaya target bisa tercapai. Kita bisa merubah cara, tapi jangan merubah target.

      Delete
  7. Resolusi ya,,, kalo kaka dek udah 2.meter panjangnya,, paling gak 10 dr 100 daftar itu terpenuhi, udah bangga x kaka dek, apalagi taun ini blogger sumut harus berkibar haahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap kakak, asal jangan resolusi kaleng kaleng yaa... karena itu saran disini cuman 3 supaya bener bener bisa dicapai. setelah tercapai barulah bikin target selanjutnya. hehee... tapi gak salah juga kalo bikin banyak ^^

      Delete
  8. Resolusi 2019... mau buat resolusi baru solusi yang lama aja belum kelar 😁
    Jadinya re (ulang) solusi. πŸ˜‚

    ReplyDelete
  9. Aku sih dari dulu ga ada resolusi... Ngalir aja tiap tahunnya. Tapi setidaknya ada perubahan yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Itu aja sih...

    ReplyDelete
  10. Mau tercapai atau gak setidaknya ada masih asa yang ingin kita wujudkan. itu artinya kita masih semangat hidup 😁

    ReplyDelete
  11. Targetan untuk tahun ini uda pernah ditulis di tahun lalu. Catatan mana..catatan mana. Biar ditempel agar ingat selalu . Hehe


    Resolusi kakak 2018 ada yang gak tercapai kah? Kalau yang tercapai apa aja itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang tercapai resolusi 2016 masih seputaran kerja di perusahaan yang lama, kalau 2017 malah gak tercapai karena gak konsisten dan menjadi resolusi kaleng kaleng, resolusi 2018 yang tercapai yaitu membuat media mobile legend medan menjadi media utama seputar mobile legend yang ada di medan dan berhasil mencapai prestasi ke nasional. alhamdulillah resolusi 2018 tercapai

      Delete
  12. setuju,, hidup harus punya target ,, kalau gak,, g jelas nnt arahnya ke mana

    ReplyDelete
  13. Bener ,ketika kita tidak membuat resolusi, hidup kita akan tidak terarah

    ReplyDelete
    Replies
    1. yupss, karena ada yang kita tuju untuk fokus ke titik itu

      Delete
  14. yups, saya juga setuju kalau buat rencana harus ada deadline waktunya. jadi kalaupun tidak tercapai dalam waktu yang ditentukan jadi bisa fokus ke capaian selanjutnya. nanti akhir tahun, baru koreksi lagi resolusi-resolusi yang belum tercapai.

    ReplyDelete
  15. belajar dari pengalaman tahun tahun sebelumnya dalam buat resolusi, tahun ini saya membuat resolusi yang lebih sederhana. gak apa sederhana asal nanti di akhir tahun bisa ceklis semua hahaa

    ReplyDelete